Sabtu, 11 November 2017

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BIROKRASI MENURUT MAX WEBER

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BIROKRASI MENURUT MAX WEBER

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BIROKRASI MENURUT MAX WEBER -
Terdapat kelebihan dan kekurangan birokrasi menurut Max Weber adalah sebagai Berikut:
KELEBIHAN SISTEM BIROKRASI MAX WEBER.
a.       Terdapat aturan-aturan serta prosedural dalam suatu organisasi.
Pada bentuk teori birokrasi yang di gagas oleh Max Weber terdapat penekanan tentang penting prosedur dan aturan-aturan yang harus ditaati. Menurut Max Weber bahwa setiap peraturan haruslah bersifat rasional dan tertulis sehingga suatu organisasi akan memiliki suatu pedoman dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
b.      Mempunyai Spesialisasi Pekerjaan dan Job Description yang Jelas.
Dalam sistem ini, terdapat pembagian tugas yang spesifik, seperti halnya mesin, dimana setiap orang hanya mengerjakan pekerjaan tertentu yang telah didelegasikan kepadanya. Dengan demikian, pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan cepat serta tidak ada benturan kepentingan karena masalah overlapping pekerjaan.
c.       Ada Hierarki Otoritas yang Formal, Sehingga Memudahkan Pengkoordinasian.
Dengan adanya hierarki otoritas, masing-masing pekerja tahu dimana posisinya dan otomatis akan mengikuti perintah supervisor/atasannya, sehingga proses pengkoordinasian pekerja menjadi mudah.

KEKURANGAN SISTEM BIROKRASI MAX WEBER
a.       Hierarki Otoritas Yang Formal Malahan Cenderung Kaku
Karena system hierarki perusahaan, maka bawahan akan segan menyapa atasannya kalau tidak benar-benar perlu. Hal ini menciptakan suasana formal yang malah cenderung kaku dalam organisasi.

b.    Aturan dan Kontrol yang Terlalu Rinci Menyebabkan Impersonality atau Melupakan Unsur-Unsur Kemanusiaan Tidak ada antusiasme maupun keceriaan dalam organisasi karena segala sesuatunya sudah diatur sedemikian rupa. Manusia disamakan dengan mesin yang tidak punya hati dan hanya bekerja demi perusahaan.

https://iqbaljeumala.blogspot.co.id/2017/07/definisi-birokrasi-menurut-para-ahli.html

1 komentar:

  1. Saya ingin tanya sedikit, mudah2an bisa memperoleh pencerahan. Setelah saya membaca kelebihan birokrasi diatas pada point b, Spesialisasi. Dikatakan dengan spesialisasi maka pekerjaan akan cepat selesai. Tapi sering saya dengar komentar diberbagai media bahwa birokrasi itu lambat dalam menyelesaikan tugasnya. Ini bertentangan dengan kelebihannya yang dikatakan cepat selesai. Mengapa demikian ?


    BalasHapus